Rabu, 11 September 2013

Pengantar Basis Data

SEJARAH BASIS DATA

Sejak tahun 1960-an penggunaan basis data sudah digunakan untuk bidang komersial, dimana pemrosesan file-nya masih berbasis manajemen file tradisional. Perkembangan komputer yang semakin pesat diikuti dengan perkembangan perangkat lunak untuk aplikasi bisnis, sejak tahun 1970-an sampai awal tahun 1980 manajemen berbasis file tradisional berkembang menjadi manajemen basis data.

Di dalam manajemen basis data dikenal berbagai model data yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan sebuah data dalam merancang suatu basis data. Manajemen ini memungkinkan banyak user untuk mengakses data secara bersamaan sehingga fasilitas yang dimiliki oleh manajemen sudah semakin banyak yaitu fasilitas pemanipulasian data, kontrol konkurensi data, recovery data, keamanan data dan didukung dengan fasilitas komunikasi data karena manajemen ini sudah terhubung dengan suatu jaringan .

Perkembangan dunia usaha semakin meningkat ditunjang dengan perkembangan komunikasi yang mempermudah organisasi atau perusahaan untuk mengakses data, sehingga mengubah manajemen basis data menjadi manajemen basis data tingkat lanjut didukung dengan fasilitas data warehousing dan fasilitas basis data berbasis web sebagai salah satu strategi organisasi dalam meningkatkan kinerja dan keuntungan organisasi.
PRODUK-PRODUK DATABASE MANAGEMENT SYSTEM

- Microsoft Visual FoxPro
- Oracle
- MySQL

KAPANKAH KITA MEMBUTUHKAN DATABASE DAN TIDAK?
Kita membutuhkan pemakaian database ketika sistem penyimpanan yang dibutuhkan banyak dan field yang bermacam-macam, agar dikelompokan secara terstruktur dan rapih dan supaya lebih mudah ketika akan dicari recordnya. contohnya adalah phonebook pada hp kita, disana terdapat fields yang berbeda-beda seperti nama, nomor, alamat, alamat email, alamat web dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar